SENI MENDIDIK DALAM PENDIDIKAN
Improvasi Memanusiakan Manusia Via Pendidikan
Judul Buku : SENI MENDIDIK DALAM PENDIDIKAN
“ Improvasi Memanusiakan Manusia Via Pendidikan”
Pengarang : Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M. Pd
Penerbit : Absolute Media
Kota terbit : Purbayan, Kotagede, Yogyakarta
Tahun Terbit : 2011
Jumlah Halaman : (177 halaman + cover)
Panjang dan lebar : 21 cm dan 16 cm
Peresensi : Fajron Mujahid
Pendidik merupakan tenaga professional yang pekerjaan utamanya adalah mengajar dan mendidik sebagai pengabdian pada komunitas belajar baik secara makro maupun mikro. Dengan menyuguhkan berbagai okestra dalam proses pembelajaran. Maka oleh karena itu pendidik tidak lagi sebagai sentral dalam pembelajaran (focus oriented in proses learning) akan tetapi pendidik harus sebagai sarana bagi peserta didik fasilitstor dalam pembelajaran tersebut guna memenuhi kebutuhan peserta didik dalam proses pembelajaran, sehingga peserta didik mudah dan bahkan senag dalam engikuti proses pembelajaran.
Sekoah-sekolah yang ada pada saat ini kebanyakan hanya menerjemahkan transfer of knowledge dari pendidik kepada peserta didik. Sehingga peserta didik hanya di beri materi-materi yang perlu di hafal, dengan kata lain model yang dikembangkan pendidik adalah model pendidikan berbasis banking aducation, yaitu model pendidikan yang tidak kritis, karena hanya diarahkan pada penjinakan, penyesuaian sosial dengan keadaan penindasan. Hal tersebut akan mengakibatkan patahnya kreativitas peserta didik, karena pendidik hanya mengedepankan aspek verbalism.
Akibat dari kedua hal tersebut (banking education dan verbalism), menadikan seolah-olah pendidikan tidak membutuhkan fakta sosial secara riil. Sehingga disana serasa akan adanya dikotomi anatara keduanya. Hal tersebut terbukti dengan adanya pendidikan yang semakin elitis dengan fakta sosial yang melingkari dunia pendidikan.
Maka dari itu dalam buku ini penulis merasa perihatin akan adanya fakta tersebut, sehingga hasil dari perenungan melalui teori yang dikembangkan guna mencapai tujuan pendidikan yang sempurna dan ideal melalui seni dalam pembelajaran dengan semangat humanismenya. Buku ini mengajak pembaca untuk mengeksplorasi, mengekplanasi dan mengelaborasi segala bentuk strategi pembelajaran yang ada dalam sekolah manapun.
Melalui buku ini juga penulis mencoba merangkai rajutan teori dan juga mengeplorasi sumber yang autentik guna untuk dijadikan rujukan pengembangan teori yang lain. Dengan memberikan celah untuk mendiskusikannya lebih komprehensif tentang sistem nilai kehidupan pendidikan yang lengkap, ternasuk seni dalam pembelajaran untuk menjadikan manusia yang mmanusiawi.
0 komentar:
Posting Komentar