Rabu, 22 Februari 2012

SAP


 Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga                                                                                                                        FM-UINSK-BM-08-05/R0

Satuan Acara Perkuliahan

Kode / Nama Mata Kuliah                 : PAI-311-2-2/Pengembangan Seni dan Budaya dalam PAI                     Revisi ke                                                : 2
Satuan Kredit Semester                     : 2 SKS                                                                                                                  Tgl revisi                                                : 2 Februari 2012
Jml Jam kuliah dalam seminggu    : 1 x 100 Menit                                                                                                      Tgl mulai berlaku                                                : 13 Februari 2012
                                                                                                                                                                                                 Penyusun                                             : Nur Saidah, M.Ag. 
Jml Jam kegiatan laboraturium       : -                                                                                                                             Penanggungjawab Keilmuan                : Nur Saidah, M.Ag.                            

Ranah Integrasi Interkoneksi                                           : 1. Filosofis          : Mata Kuliah Pengembangan Seni Budaya dalam PAI diberikan dalam upaya memberikan wawasan dan
   menanamkan sikap apresiatif terhadap seni budaya serta memberikan landasan pokok pengembangan seni
   budaya dalam proses pembelajaran   PAI.  Secara filosofis mata kuliah ini akan memberi  landasan keilmuan
   tentang konsep, landasan berfikir,  pengembangan teori dan analisis terhadap perkembangan seni dan budaya.
2. Materi                                : Pada level materi akan diungkapkan tentang konteks seni budaya dalam proses pembelajaran PAI
 3. Metodologi       : Pada level metodologi diupayakan pengaplikasian pengembangan seni budaya dalam proses pembelajaran PAI


Matakuliah Pendukung Integrasi-Interkoneksi :            1. Islam dan Budaya Lokal
2. Antropologi Pendidikan Islam
                                                                                                3. Sosiologi Pendidikan Islam
                                                                                                4. Ilmu Pendidikan Islam
                                                                                                5. Materi PAI
                                                                                                6. Metode dan Strategi Pembelajaran PAI

Deskripsi Mata Kuliah
:
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan wawasan keilmuan tentang seni budaya, menanamkan sikap apresiatif dan terbuka terhadap seni budaya  serta memberikan landasan pokok pengembangan seni budaya dalam proses pembelajaran PAI. Materi perkuliahan meliputi  Konsep Teoritis dan Normatif agama tentang budaya dan seni, Hubungan antara agama, budaya dan seni, Pengembangan Budaya dan Seni dalam PAI, Strategi Budaya Islam: mempertimbangkan tradisi dan modernisasi, Implementasi Strategi Budaya Islam dalam PAI, Berbagai macam dan bentuk seni budaya Islam, Cara menumbuhkan apresiasi siswa dalam proses pembelajaran PAI melalui pengembangan seni budaya Islam, dan Pendekatan budaya dan seni dalam PAI

Standar Kompetensi


Strategi Perkuliahan
:


:
Mahasiswa memiliki pengetahuan, pemahaman dan langkah-langkah dalam mengapresiasikan/mengaplikasikan pengembangan budaya dan seni dalam proses pembelajaran PAI.

-          Tatap Muka (active knowledge sharing)
-          Penugasan















 Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga                                                                                                                        FM-UINSK-BM-08-05/R0

Pertemuan ke :

Kompetensi Dasar

Indikator

Pokok Bahasan/Materi

Aktivitas Pembelajaran

Rujukan

Evaluasi
I
Mahasiswa memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang ruang lingkup budaya dan seni dalam PAI
Mahasiswa dapat:
Menjelaskan ruang lingkup pengembangan budaya dan seni dalam PAI
- Kontrak Belajar
- Pengantar/Outlines   
Perkuliahan
- Sosialisasi Tugas
  Individu/kelompok
- Sharing
- Interactive Lecturing

Hand Out Mata Kuliah Pengembangan Seni dan Budaya dalam PAI
- Tes Lisan
- Sikap
II
Mahasiswa memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang ruang lingkup budaya dan seni dalam PAI

Mahasiswa dapat:
- Menjelaskan definisi seni dan budaya
- Menjelaskan ruang lingkup seni dan budaya
- Menjelaskan konsep teoritis
  agama tentang budaya dan seni

Konsep Teoritis agama tentang budaya dan seni

- The power of two
-Interactive Lecturing
-Information  Search

1.Jabrohim dan Berlian, Saudi    (ed.), Islam dan Kesenian,  (Yogyakarta: MKM UAD LemLit PP.Muhammadiyah, 1995)
2.Hamdy Salad, Agama Seni, Refleksi Teologis dalam Ruang Estetik,Yogyakarta: Yayasan Semesta, 2000.
3.Nasr, Seyyed Hossein, “Spiritualitas
  dan Seni Islam”, terj. Sutejo, Islamic
  Art and Spirituality, Bandung: Mizan,
  1993.
- Portofolio
III
sda
Mahasiswa dapat:
- Menjelaskan konsep normatif
  agama tentang budaya dan seni
- Menguraikan interpretasi  doktrin
  agama tentang budaya &seni
Konsep Normatif agama tentang budaya dan seni


Point Counter Point
1.Al-Qur`an,  Shahih Bukhari Muslim
2.Jabrohim dan Berlian, Saudi    (ed.), Islam dan Kesenian,  (Yogyakarta: MKM UAD LemLit PP.Muhammadiyah, 1995)
3.Nasr, Seyyed Hossein, “Spiritualitas
  dan Seni Islam”, terj. Sutejo, Islamic
  Art and Spirituality, Bandung: Mizan,
  1993.

IV
sda

Mahasiswa dapat:
- Menjelaskan hubungan agama, seni
  dan budaya
- Menjelaskan hubungan estetika,  emosi, dan etika 
- Menjelaskan fungsi
  agama terhadap budaya dan seni
-Menjelaskan fungsi seni budaya terhadap agama
Hubungan antara agama, budaya dan seni


- Point Counter Point  
1- Bassam Tibi, Islam, Kebudayaan dan Perubahan Sosial, (Yogyakarta: Tiara Wacana, 1999)
2- Kuntowijoyo, Paradigma Islam, (Yogyakarta: Tiara Wacana, 1994)
3. Hamdy Salad, Agama Seni, Refleksi Teologis dalam Ruang Estetik,Yogyakarta: Yayasan Semesta, 2000.
- Tes Lisan
- Portofolio
V
sda
Mahasiswa dapat:
- Menjelaskan aspek-aspek
  pengembangan seni budaya dalam
  PAI
- Menjelaskan cara
  Mengembangkan seni budaya
  dalam PAI

Arti Penting Pengembangan Budaya dan Seni dalam PAI


- Info Search
- Listening Team
1- Atik Triratnawati dan Mutiah Amini (editor), Ekspresi Islam dalam Simbol-Simbol Budaya di Indonesia, Yogyakarta: Lembaga Kebudayaan PP.Aisyiyah, penerbit: Adicita, 2005
2- Hadi, WM.Dr Abdul., Islam Cakrawala Estetik dan Budaya, Jakarta:Pustaka Firdaus, 2000
- Tes Tertulis
VI
Mahasiswa mampu mendeskripsikan dan mengapresiasikan budaya dan seni dalam proses pembelajaran PAI
Mahasiswa dapat:
- Menjelaskan model strategi
  budaya Islam
- Menjelaskan peran guru/da'i dalam mengembangkan seni budaya Islam
Strategi Budaya Islam & Peran da’i/guru mengembangkan seni budaya Islam

-Question Student Have
-Group  to Group Exchange


1.Kuntowijoyo, Paradigma Islam, (Yogyakarta: Tiara Wacana, 1994)
2- - Ismail Raji Al Al-Faruqi, Atlas Budaya Islam, Menjelajah Khazanah Peradaban Gemilang,(Bandung: Mizan, 2001)

- Tes Lisan
- Portofolio
VII
sda
Mahasiswa dapat:
-Mengidentifikasi berbagai pengembangan seni budaya di sekolah
-Mendokumentasikan berbagai pengembangan seni budaya di sekolah sebagai bahan pengembangannya dalam PAI
Tour Budaya ; Pengembangan Budaya & Seni di Sekolah
Active Knowledge
Sharing
- Info Search



-portofolio
VIII
Sda

Mahasiswa dapat:
- Menjelaskan dan menyebutkan
  budaya dan seni regional dan  lokal
  dalam  Islam
- Menjelaskan pengaruh nilai-nilai
  Islam dalam seni budaya lokal
-Menjelaskan karakteristik & perkembangan SBI secara umum
Berbagai macam  bentuk seni budaya Islam, karakteristik dan perkembangannya


-  Group To Group Exchange
-

1. Jabrohim dan Berlian, Saudi    (ed.), Islam dan Kesenian,  (Yogyakarta: MKM UAD LemLit PP.Muhammadiyah, 1995).
2. Leaman, Oliver,Estetika Islam, (Bandung: Mizan, 2005)
3. Ismail Raji Al Al-Faruqi, Atlas Budaya Islam, Menjelajah Khazanah Peradaban Gemilang,(Bandung: Mizan, 2001)
- Tes Lisan
IX
Sda
Mahasiswa dapat:
- Menjelaskan Fungsi Seni  Budaya khususnya dalam pendidikan
- Menguraikan problem dan tantangan yang dihadapi budaya dan seni Islam secara global
-  Menjelaskan langkah-langkah pengembangan seni dan budaya dalam pendidikan Islam
Fungsi Seni Budaya, Problem dan tantangan pengembangannya
Active Knowledge
Sharing

1-Faisal Ismail,Paradigma Kebudayaan,Studi Kritis dan Refleksi Historis,(Yogyakarta,Titian Ilahi Press,1998)
2- Kuntowijoyo, Islam Tanpa
   Masjid, Bandung: Mizan, cet. II,
   2001
3-Tilaar, H.A.R., Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia, Bandung: Remaja Rosda Karya,cet. 3, 2002
4. Soedarso Sp., Trilogi Seni, Penciptaan Eksistensi dan Kegunaan Seni,(Yogyakarta: BP ISI Yogyakarta, 2006)
- Portofolio
X
Sda
Mahasiswa dapat:
- Menjelaskan konsep apresiasi seni budaya
- Memahami prinsip-prinsip dasar apresiasi seni budaya Islam
- Menguraikan langkah-langkah apresiasi seni budaya
- Menumbuhkan apresiasi seni budaya dalam pembelajaran PAI

Apresiasi Seni Budaya, Prinsip, Langkah-Langkahnya dan Cara menumbuhkan apresiasi siswa terhadap seni budaya Islam



The Power of Two
1. Nooryan Bahari, Kritik Seni,
  Wacana Apresiasi dan Kreasi,
  (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008)
2. Soedarso Sp., Trilogi Seni, Penciptaan Eksistensi dan Kegunaan Seni,(Yogyakarta: BP ISI Yogyakarta, 2006)
3. Soedarso SP. 1987. Tinjauan seni : sebuah pengantar untuk apresiasi seni.Yogyakarta; Suku Dayak Sana
4. Yayah Khisbiyah & Atiqa Sabardila, Pendidikan Apresiasi Seni, Solo: Pusat Studi Budaya dan Perubahan Sosial UMS kerjasama dengan The Ford Foundation, 2004
- Tes Lisan
XI
Mahasiswa memiliki kemampuan mendeskripsikan pendekatan budaya dan seni dalam proses pembelajaran PAI
Mahasiswa dapat:
- Menjelaskan pendekatan seni dan
  budaya dalam pembelajara PAI
- Membedakan karakteristik dari
  pendekatan seni dan budaya dalam pembelajaran PAI
- Menjelaskan manfaat dan
  kegunaan pendekatan seni dan
  budaya dalam pembelajaran PAI

Pendekatan budaya dan seni dalam PAI




1- Atik Triratnawati dan Mutiah Amini (editor), Ekspresi Islam dalam Simbol-Simbol Budaya di Indonesia, Yogyakarta: Lembaga Kebudayaan PP.Aisyiyah, penerbit: Adicita, 2005
2- Yayah Khisbiyah & Atiqa Sabardila, Pendidikan Apresiasi Seni, Solo: Pusat Studi Budaya dan Perubahan Sosial UMS kerjasama dengan The Ford Foundation, 2004
-Tes Tertulis
XII
Mahasiswa memiliki kemampuan mengimplementasikan pendekatan seni budaya dalam pembelajaran PAI
Mahasiswa dapat:
-Menyusun program pengembangan seni rupa Islam dalam pembelajaran PAI
-Mahasiswa mampu menerapkan nilai-nilai seni rupa dalam pembelajaran PAI
Apresiasi Seni Rupa Islam dalam pembelajaran PAI
- Group To Group Exchange
-TV Komersial
1.Pengantar Seni Rupa Islam
2. Soedarso Sp., Trilogi Seni, Penciptaan Eksistensi dan Kegunaan Seni,(Yogyakarta: BP ISI Yogyakarta, 2006)

-Tes Tertulis
XIII
Sda
Mahasiswa dapat:
-Menyusun program pengembangan seni pertunjukan Islam dalam pembelajaran PAI
-Mahasiswa mampu menerapkan nilai-nilai seni pertunjukan Islam dalam pembelajaran PAI
Apresiasi Seni Pertunjukan Islam dalam pembelajaran PAI
-Galery Belajar
- Group To Group Exchange

1. Yayah Khisbiyah & Atiqa   
    Sabardila, Pendidikan Apresiasi
    Seni, Solo: Pusat Studi Budaya
     dan Perubahan Sosial UMS
     kerjasama dengan The Ford
     Foundation, 2004
2. Muhaya, Abdul, Bersufi Melalui
    Musik, Sebuah Pembelaan Musik
    Sufi Oleh Ahmad al-Ghazali,
    Yogyakarta: Gama Media, 2003.
-Tes Tetulis
XIV
Sda
Mahasiswa dapat:
-Menyusun program pengembangan seni media rekam Islam dalam pembelajaran PAI
-Mahasiswa mampu menerapkan nilai-nilai seni media rekam Islam dalam pembelajaran PAI
Apresiasi Seni Seni Media Rekam Islam dalam pembelajaran PAI
- Group To Group Exchange
-Galery Belajar
1. Yayah Khisbiyah & Atiqa   
    Sabardila, Pendidikan Apresiasi
    Seni, Solo: Pusat Studi Budaya
     dan Perubahan Sosial UMS
     kerjasama dengan The Ford
     Foundation, 2004
2. Soedarso Sp., Trilogi Seni, Penciptaan Eksistensi dan Kegunaan Seni,(Yogyakarta: BP ISI Yogyakarta, 2006)

-Tes Tetulis


Komposisi Penilaian :
Aspek Penilian
Prosentase
Ujian Akhir Semester
25 %
Ujian Tengah Semester
20%
Tugas Mandiri
15%
Tugas Kelompok
20%
Keaktifan Mahasiswa
15%
Sikap
5%
Total
100 %

Daftar referensi :
Wajib                      :               1- Tilaar, H.A.R., Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia, Bandung: Remaja Rosda Karya,cet. 3, 2002.
2- Ismail Raji Al Al-Faruqi, Atlas Budaya Islam, Menjelajah Khazanah Peradaban Gemilang,(Bandung: Mizan, 2001)
                3- Leaman, Oliver,Estetika Islam, (Bandung: Mizan, 2005)

Anjuran                  :               1- Kuntowijoyo, Paradigma Islam, (Yogyakarta: Tiara Wacana, 1994)
                                                                2- Jabrohim & Berlian, Saudi (Peny.), Islam dan Kesenian, (Yogyakarta: MKM UAD LemLit PP. Muhammadiyah, 1995)
                                                                3- Kuntowijoyo, Islam Tanpa Masjid, Bandung: Mizan, cet. II, 2001
4- Faisal Ismail,Paradigma Kebudayaan,Studi Kritis dan Refleksi Historis,(Yogyakarta,Titian Ilahi Press,1998)
5- Atik Triratnawati dan Mutiah Amini (editor), Ekspresi Islam dalam Simbol-Simbol Budaya di Indonesia, Yogyakarta: Lembaga
    Kebudayaan PP.Aisyiyah, penerbit: Adicita, 2005
6- Hadi, WM.Dr Abdul., Islam Cakrawala Estetik dan Budaya, Jakarta:Pustaka Firdaus, 2000
7- Bassam Tibi, Islam, Kebudayaan dan Perubahan Sosial, (Yogyakarta: Tiara Wacana, 1999)
8- Yayah Khisbiyah, Atiqa Sabardila, Pendidikan Apresiasi Seni, Solo: Pusat Studi Budaya dan Perubahan Sosial UMS kerjasama dengan
    The Ford Foundation, 2004
9-Soedarso Sp., Trilogi Seni, Penciptaan Eksistensi dan Kegunaan Seni,(Yogyakarta: BP ISI Yogyakarta, 2006)
10Nooryan Bahari, Kritik Seni, Wacana Apresiasi dan Kreasi, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008)

Disusun oleh
Diperiksa oleh :
Disahkan oleh :
Dosen Pengampu



Nur Saidah, M.Ag.
NIP:19750211 200501 2 002
Penanggungjawab Keilmuan



Nur Saidah, M.Ag.
NIP:19750211 200501 2 002
Ketua Jurusan PAI




Dekan








1 komentar:

Dedi Wahyudi mengatakan...

pakai google docs bu, nanti ditempel dipostingan insya alloh bagus tampilannya, silahkan di coba, salah satu tutorial penggunaannya di http://www.mrmung.com/2010/11/cara-menampilkan-dokumen-office-word.html

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons