Universitas Islam Negeri Sunan
Kalijaga FM-UINSK-BM-08-05/R0
Satuan Acara Perkuliahan
Kode / Nama Mata Kuliah :
PAI-311-2-2/Pengembangan Seni dan Budaya dalam PAI Revisi ke : 2
Satuan Kredit Semester :
2 SKS Tgl revisi : 2 Februari 2012
Jml Jam kuliah dalam seminggu : 1 x 100 Menit Tgl
mulai berlaku :
13 Februari 2012
Penyusun : Nur Saidah, M.Ag.
Jml Jam kegiatan laboraturium : - Penanggungjawab
Keilmuan : Nur Saidah,
M.Ag.
Ranah Integrasi Interkoneksi :
1. Filosofis : Mata Kuliah
Pengembangan Seni Budaya dalam PAI diberikan dalam upaya memberikan wawasan dan
menanamkan sikap
apresiatif terhadap seni budaya serta memberikan landasan pokok pengembangan
seni
budaya dalam
proses pembelajaran PAI. Secara filosofis mata kuliah ini akan
memberi landasan keilmuan
tentang konsep,
landasan berfikir, pengembangan teori
dan analisis terhadap perkembangan seni dan budaya.
2. Materi : Pada level materi akan
diungkapkan tentang konteks seni budaya dalam proses pembelajaran PAI
3. Metodologi : Pada level metodologi diupayakan
pengaplikasian pengembangan seni budaya dalam proses pembelajaran PAI
Matakuliah Pendukung Integrasi-Interkoneksi : 1. Islam dan Budaya Lokal
2. Antropologi
Pendidikan Islam
3.
Sosiologi Pendidikan Islam
4.
Ilmu Pendidikan Islam
5.
Materi PAI
6.
Metode dan Strategi Pembelajaran PAI
Deskripsi Mata Kuliah
|
:
|
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan wawasan
keilmuan tentang seni budaya, menanamkan sikap apresiatif dan terbuka
terhadap seni budaya serta memberikan
landasan pokok pengembangan seni budaya dalam proses pembelajaran PAI. Materi perkuliahan meliputi Konsep Teoritis dan
Normatif agama tentang budaya dan seni, Hubungan antara agama, budaya dan
seni, Pengembangan Budaya dan Seni dalam PAI, Strategi Budaya Islam:
mempertimbangkan tradisi dan modernisasi, Implementasi Strategi Budaya Islam
dalam PAI, Berbagai macam dan bentuk seni budaya Islam, Cara menumbuhkan
apresiasi siswa dalam proses pembelajaran PAI melalui pengembangan seni
budaya Islam, dan Pendekatan budaya dan seni dalam PAI
|
Standar Kompetensi
Strategi Perkuliahan
|
:
:
|
Mahasiswa memiliki pengetahuan, pemahaman dan
langkah-langkah dalam mengapresiasikan/mengaplikasikan pengembangan budaya
dan seni dalam proses pembelajaran PAI.
-
Tatap Muka (active
knowledge sharing)
-
Penugasan
|
Universitas Islam Negeri Sunan
Kalijaga FM-UINSK-BM-08-05/R0
Pertemuan ke :
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Pokok Bahasan/Materi
|
Aktivitas
Pembelajaran
|
Rujukan
|
Evaluasi
|
I
|
Mahasiswa memiliki pengetahuan dan
pemahaman tentang ruang lingkup budaya dan seni dalam PAI
|
Mahasiswa dapat:
Menjelaskan ruang lingkup pengembangan
budaya dan seni dalam PAI
|
- Kontrak Belajar
-
Pengantar/Outlines
Perkuliahan
- Sosialisasi Tugas
Individu/kelompok
|
- Sharing
- Interactive Lecturing
|
Hand Out Mata Kuliah Pengembangan Seni dan Budaya dalam PAI
|
- Tes Lisan
- Sikap
|
II
|
Mahasiswa memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang ruang
lingkup budaya dan seni dalam PAI
|
Mahasiswa
dapat:
-
Menjelaskan definisi seni dan budaya
- Menjelaskan ruang lingkup seni dan budaya
- Menjelaskan konsep teoritis
agama tentang
budaya dan seni
|
Konsep Teoritis agama tentang budaya dan
seni
|
- The power of two
-Interactive Lecturing
-Information Search
|
1.Jabrohim dan Berlian, Saudi (ed.), Islam dan Kesenian, (Yogyakarta: MKM UAD LemLit
PP.Muhammadiyah, 1995)
2.Hamdy Salad, Agama Seni, Refleksi
Teologis dalam Ruang Estetik,Yogyakarta: Yayasan Semesta, 2000.
3.Nasr, Seyyed
Hossein, “Spiritualitas
dan Seni
Islam”, terj. Sutejo, Islamic
Art
and Spirituality, Bandung:
Mizan,
1993.
|
- Portofolio
|
III
|
sda
|
Mahasiswa
dapat:
-
Menjelaskan konsep normatif
agama tentang budaya dan seni
- Menguraikan interpretasi doktrin
agama tentang budaya &seni
|
Konsep Normatif agama tentang budaya dan
seni
|
Point Counter Point
|
1.Al-Qur`an, Shahih Bukhari Muslim
2.Jabrohim dan Berlian, Saudi (ed.), Islam dan Kesenian, (Yogyakarta: MKM UAD LemLit
PP.Muhammadiyah, 1995)
3.Nasr, Seyyed
Hossein, “Spiritualitas
dan Seni
Islam”, terj. Sutejo, Islamic
Art
and Spirituality, Bandung:
Mizan,
1993.
|
|
IV
|
sda
|
Mahasiswa dapat:
- Menjelaskan hubungan agama, seni
dan budaya
- Menjelaskan hubungan estetika, emosi, dan etika
- Menjelaskan fungsi
agama terhadap
budaya dan seni
-Menjelaskan fungsi seni budaya terhadap agama
|
Hubungan antara agama, budaya dan seni
|
- Point
Counter Point
|
1- Bassam Tibi, Islam, Kebudayaan dan Perubahan Sosial,
(Yogyakarta: Tiara Wacana, 1999)
2- Kuntowijoyo, Paradigma Islam,
(Yogyakarta: Tiara Wacana, 1994)
3. Hamdy Salad, Agama Seni, Refleksi
Teologis dalam Ruang Estetik,Yogyakarta: Yayasan Semesta, 2000.
|
- Tes Lisan
- Portofolio
|
V
|
sda
|
Mahasiswa dapat:
- Menjelaskan aspek-aspek
pengembangan
seni budaya dalam
PAI
- Menjelaskan cara
Mengembangkan
seni budaya
dalam PAI
|
Arti Penting Pengembangan Budaya dan Seni
dalam PAI
|
- Info Search
- Listening Team
|
1- Atik Triratnawati dan Mutiah Amini (editor), Ekspresi
Islam dalam Simbol-Simbol Budaya di Indonesia, Yogyakarta: Lembaga
Kebudayaan PP.Aisyiyah, penerbit: Adicita, 2005
2- Hadi, WM.Dr Abdul., Islam Cakrawala
Estetik dan Budaya, Jakarta:Pustaka Firdaus, 2000
|
- Tes Tertulis
|
VI
|
Mahasiswa mampu mendeskripsikan dan mengapresiasikan
budaya dan seni dalam proses pembelajaran PAI
|
Mahasiswa dapat:
- Menjelaskan model strategi
budaya Islam
- Menjelaskan peran guru/da'i dalam mengembangkan seni
budaya Islam
|
Strategi Budaya Islam & Peran da’i/guru
mengembangkan seni budaya Islam
|
-Question Student Have
-Group to Group Exchange
|
1.Kuntowijoyo, Paradigma Islam,
(Yogyakarta: Tiara Wacana, 1994)
2- - Ismail Raji Al Al-Faruqi, Atlas Budaya Islam, Menjelajah
Khazanah Peradaban Gemilang,(Bandung: Mizan, 2001)
|
- Tes Lisan
- Portofolio
|
VII
|
sda
|
Mahasiswa dapat:
-Mengidentifikasi berbagai pengembangan seni budaya di
sekolah
-Mendokumentasikan berbagai pengembangan seni budaya di
sekolah sebagai bahan pengembangannya dalam PAI
|
Tour Budaya ; Pengembangan Budaya &
Seni di Sekolah
|
Active Knowledge
Sharing
- Info
Search
|
-portofolio
|
|
VIII
|
Sda
|
Mahasiswa dapat:
- Menjelaskan dan menyebutkan
budaya dan seni
regional dan lokal
dalam Islam
- Menjelaskan pengaruh nilai-nilai
Islam dalam
seni budaya lokal
-Menjelaskan karakteristik &
perkembangan SBI secara umum
|
Berbagai macam bentuk seni budaya Islam, karakteristik dan
perkembangannya
|
- Group To Group Exchange
-
|
1. Jabrohim dan Berlian, Saudi
(ed.), Islam dan Kesenian,
(Yogyakarta: MKM UAD LemLit PP.Muhammadiyah, 1995).
2. Leaman, Oliver,Estetika Islam,
(Bandung: Mizan, 2005)
3. Ismail Raji Al Al-Faruqi, Atlas Budaya Islam, Menjelajah
Khazanah Peradaban Gemilang,(Bandung: Mizan, 2001)
|
- Tes Lisan
|
IX
|
Sda
|
Mahasiswa dapat:
- Menjelaskan Fungsi Seni Budaya khususnya dalam pendidikan
- Menguraikan problem dan tantangan yang dihadapi
budaya dan seni Islam secara global
- Menjelaskan
langkah-langkah pengembangan seni dan budaya dalam pendidikan Islam
|
Fungsi Seni Budaya, Problem dan tantangan
pengembangannya
|
Active Knowledge
Sharing
|
1-Faisal
Ismail,Paradigma Kebudayaan,Studi Kritis dan Refleksi
Historis,(Yogyakarta,Titian Ilahi Press,1998)
2- Kuntowijoyo, Islam
Tanpa
Masjid, Bandung: Mizan, cet. II,
2001
3-Tilaar, H.A.R., Pendidikan,
Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia, Bandung: Remaja Rosda
Karya,cet. 3, 2002
4. Soedarso
Sp., Trilogi Seni, Penciptaan Eksistensi dan Kegunaan Seni,(Yogyakarta:
BP ISI Yogyakarta, 2006)
|
- Portofolio
|
X
|
Sda
|
Mahasiswa dapat:
- Menjelaskan konsep apresiasi seni budaya
- Memahami prinsip-prinsip dasar apresiasi seni budaya
Islam
- Menguraikan langkah-langkah apresiasi seni budaya
- Menumbuhkan apresiasi seni budaya dalam pembelajaran PAI
|
Apresiasi Seni Budaya, Prinsip, Langkah-Langkahnya
dan Cara menumbuhkan apresiasi siswa terhadap seni
budaya Islam
|
The Power of Two
|
1. Nooryan Bahari, Kritik
Seni,
Wacana Apresiasi dan Kreasi,
(Yogyakarta:
Pustaka Pelajar, 2008)
2. Soedarso Sp., Trilogi
Seni, Penciptaan Eksistensi dan Kegunaan Seni,(Yogyakarta: BP ISI
Yogyakarta, 2006)
3. Soedarso SP. 1987. Tinjauan seni : sebuah pengantar untuk apresiasi
seni.Yogyakarta; Suku Dayak Sana
4. Yayah Khisbiyah & Atiqa Sabardila, Pendidikan Apresiasi
Seni, Solo: Pusat Studi Budaya dan Perubahan Sosial UMS kerjasama dengan
The Ford Foundation, 2004
|
- Tes Lisan
|
XI
|
Mahasiswa memiliki kemampuan
mendeskripsikan pendekatan budaya dan seni dalam proses pembelajaran PAI
|
Mahasiswa dapat:
- Menjelaskan pendekatan seni dan
budaya dalam
pembelajara PAI
- Membedakan karakteristik dari
pendekatan seni
dan budaya dalam pembelajaran PAI
- Menjelaskan manfaat dan
kegunaan
pendekatan seni dan
budaya dalam
pembelajaran PAI
|
Pendekatan budaya dan seni dalam PAI
|
|
1- Atik Triratnawati dan Mutiah Amini
(editor), Ekspresi Islam dalam Simbol-Simbol Budaya di Indonesia,
Yogyakarta: Lembaga Kebudayaan PP.Aisyiyah, penerbit: Adicita, 2005
2- Yayah Khisbiyah & Atiqa Sabardila,
Pendidikan Apresiasi Seni, Solo: Pusat Studi Budaya dan Perubahan Sosial
UMS kerjasama dengan The Ford Foundation, 2004
|
-Tes Tertulis
|
XII
|
Mahasiswa memiliki kemampuan
mengimplementasikan pendekatan seni budaya dalam pembelajaran PAI
|
Mahasiswa dapat:
-Menyusun program pengembangan seni rupa Islam dalam
pembelajaran PAI
-Mahasiswa mampu menerapkan nilai-nilai seni rupa dalam
pembelajaran PAI
|
Apresiasi Seni Rupa Islam dalam
pembelajaran PAI
|
- Group To Group Exchange
-TV Komersial
|
1.Pengantar Seni Rupa Islam
2. Soedarso Sp., Trilogi
Seni, Penciptaan Eksistensi dan Kegunaan Seni,(Yogyakarta: BP ISI
Yogyakarta, 2006)
|
-Tes Tertulis
|
XIII
|
Sda
|
Mahasiswa dapat:
-Menyusun program pengembangan seni pertunjukan Islam
dalam pembelajaran PAI
-Mahasiswa mampu menerapkan nilai-nilai seni
pertunjukan Islam dalam pembelajaran PAI
|
Apresiasi Seni Pertunjukan Islam dalam
pembelajaran PAI
|
-Galery Belajar
- Group To Group Exchange
|
1. Yayah Khisbiyah & Atiqa
Sabardila,
Pendidikan Apresiasi
Seni, Solo:
Pusat Studi Budaya
dan Perubahan Sosial
UMS
kerjasama dengan The
Ford
Foundation, 2004
2. Muhaya, Abdul, Bersufi
Melalui
Musik, Sebuah
Pembelaan Musik
Sufi Oleh Ahmad al-Ghazali,
Yogyakarta: Gama Media, 2003.
|
-Tes Tetulis
|
XIV
|
Sda
|
Mahasiswa dapat:
-Menyusun program pengembangan seni media rekam Islam
dalam pembelajaran PAI
-Mahasiswa mampu menerapkan nilai-nilai seni media
rekam Islam dalam pembelajaran PAI
|
Apresiasi Seni Seni Media Rekam Islam dalam
pembelajaran PAI
|
- Group To Group Exchange
-Galery Belajar
|
1. Yayah Khisbiyah & Atiqa
Sabardila,
Pendidikan Apresiasi
Seni, Solo:
Pusat Studi Budaya
dan Perubahan Sosial
UMS
kerjasama dengan The
Ford
Foundation, 2004
2. Soedarso Sp., Trilogi Seni, Penciptaan
Eksistensi dan Kegunaan Seni,(Yogyakarta: BP ISI Yogyakarta, 2006)
|
-Tes Tetulis
|
Komposisi Penilaian :
Aspek
Penilian
|
Prosentase
|
Ujian Akhir Semester
|
25 %
|
Ujian Tengah Semester
|
20%
|
Tugas Mandiri
|
15%
|
Tugas Kelompok
|
20%
|
Keaktifan Mahasiswa
|
15%
|
Sikap
|
5%
|
Total
|
100 %
|
Daftar referensi :
Wajib : 1- Tilaar,
H.A.R., Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia,
Bandung: Remaja Rosda Karya,cet. 3, 2002.
2- Ismail
Raji Al
Al-Faruqi, Atlas Budaya Islam, Menjelajah
Khazanah Peradaban Gemilang,(Bandung: Mizan, 2001)
3-
Leaman, Oliver,Estetika Islam, (Bandung: Mizan, 2005)
Anjuran : 1-
Kuntowijoyo, Paradigma Islam, (Yogyakarta: Tiara Wacana, 1994)
2-
Jabrohim & Berlian, Saudi (Peny.), Islam dan Kesenian, (Yogyakarta:
MKM UAD LemLit PP. Muhammadiyah, 1995)
3-
Kuntowijoyo, Islam Tanpa Masjid, Bandung: Mizan, cet. II, 2001
4- Faisal Ismail,Paradigma Kebudayaan,Studi
Kritis dan Refleksi Historis,(Yogyakarta,Titian Ilahi Press,1998)
5- Atik
Triratnawati dan Mutiah Amini (editor), Ekspresi Islam dalam Simbol-Simbol
Budaya di Indonesia, Yogyakarta: Lembaga
Kebudayaan
PP.Aisyiyah, penerbit: Adicita, 2005
6- Hadi,
WM.Dr Abdul., Islam Cakrawala Estetik dan Budaya, Jakarta:Pustaka
Firdaus, 2000
7- Bassam Tibi, Islam, Kebudayaan dan Perubahan Sosial,
(Yogyakarta: Tiara Wacana, 1999)
8- Yayah Khisbiyah,
Atiqa Sabardila, Pendidikan Apresiasi Seni, Solo: Pusat Studi Budaya dan
Perubahan Sosial UMS kerjasama dengan
The Ford Foundation, 2004
9-Soedarso Sp., Trilogi
Seni, Penciptaan Eksistensi dan Kegunaan Seni,(Yogyakarta: BP ISI
Yogyakarta, 2006)
10Nooryan Bahari, Kritik
Seni, Wacana Apresiasi dan Kreasi, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008)
Disusun oleh
|
Diperiksa oleh :
|
Disahkan oleh :
|
|
Dosen Pengampu
Nur Saidah, M.Ag.
NIP:19750211 200501 2 002
|
Penanggungjawab Keilmuan
Nur Saidah, M.Ag.
NIP:19750211 200501 2 002
|
Ketua Jurusan PAI
|
Dekan
|
1 komentar:
pakai google docs bu, nanti ditempel dipostingan insya alloh bagus tampilannya, silahkan di coba, salah satu tutorial penggunaannya di http://www.mrmung.com/2010/11/cara-menampilkan-dokumen-office-word.html
Posting Komentar